Senin, 26 Oktober 2015

OnePiece 804: Mink vs Kaido Pirates & Mokomo Dukedom

Akhirnya Chapter 804 muncul setelah libur satu pekan. Chapter kali ini sedikit berbeda dari yang sebelumnya, karena ceritanya hanya terfokus di satu tempat saja. Pulau Zou. Oke seperti biasa aku hanya akan membahas beberapa point saja, jadi kita bisa melewatkan drama perpisahahan yang menyedihkan itu. haha. Kebetulan aku juga sedang sibuk, jadi maaf jika review kali ini terlalu pendek atau kurang lengkap. Cekidot:


1. Mink vs Kaido Pirates

Seekor monyet? Zoan? Mink? Banyak pertanyaan yang terlintas begitu membaca halaman pertama. Monyet yang terjatuh dari atas meneriakkan ETETETETE, kata-kata yang menurut Kanjuro biasa diucapkan Raizou ketika berlari. Apakah dia Raizou? Tapi ETE juga bisa berarti Etekou, yang berarti monyet. Dan nama monyet mink itu ternyata Bariete,berakhiran ETE. Jadi menurutku dia bukan Raizou. Monyet itu juga memakai pakaian perlente, Topi tinggi, sepatu pantofel dan sepertinya memakai setelan jas. Sangat berbeda dengan dress code dari Wano, yaitu baju tradisional Jepang. Kinemon dan Kanjuro yang terjatuh kebawah juga tampaknya tidak mengenali monyet itu. Lalu apa yang terjadi dengan monyet itu? Robin mengatakan kalau ada banyak pisau yang menancap di tubuhnya.
 
TEORI: Aku akan coba menganalisis dari awal. 7 hari sebelum kedatangan Luffy, Sanji cs mendarat di Zou. Saat itu anak buah Kaido juga sudah berada di Zou (entah sudah berapa lama) mencari Raizou. Sanji cs yang mendapati kota sudah hancur akhirnya memutuskan pergi ke hutan, disanalah mereka melihat seorang gadis kecil dari suku mink yang tengah berlari ketakutan. Sanji cs mencoba mengejar gadis itu, saat itulah Sheep-Head (mungkin sebuah code name) muncul. Terjadilah pertempuran kecil hingga akhirnya mereka terpisah menjadi dua grup. Setelah itu seperti yang kita tahu, Sanji mengalahkan Sheep Head dan sebagai rasa terima kasih gadis kecil itu membawa mereka ke tempat perembunyian.

Melihat keadaan kota yang hancur, kemungkinan jumlah pasukan Kaido cukup banyak dan tentu cukup kuat. Tapi kenapa di kaki gajah hanya ada Sunny, tidak ada kapal bajak laut Kaido? Sepertinya Zou mempunyai 4 gerbang, tiap gerbang di tiap kaki. Bajak laut kaido mencoba menyerang dari  4 arah, jadi mereka membagi pasukan menjadi 4 grup dan menurunkannya ditiap gerbang. Artinya kapal bajak laut Kaido ada di gerbang terakhir yang mereka datangi.

Lalu kenapa suku mink yang kuat itu bisa kalah? Tentu saja karena tidak semua dari mereka adalah petarung. Suku Kuja yang terkenal haki nya juga tidak semuanya bisa bertarung. Ditambah dengan serangan tiba-tiba dari 4 penjuru tentu sangat merugikan, prioritas utama mereka para petarung saat itu adalah bertahan sementara penduduk yang lain mengungsi ke hutan. Saat sudah memastikan semua penduduk aman, barulah mereka merecanakan perlawanan. Saat itu sudah 7 hari berlalu dan Luffy cs sudah datang. Bariete, Carrot dan wanita hewan (?) ditugaskan untuk mengamankan gerbang tempat Luffy cs datang. Saat itu Bariete bertemu seseorang di dekat gerbang dan bertarung dengannya, hingga akhirnya dia terjatuh. Mengingat tidak ada seorang pun diatas saat Luffy cs sampai dan Carrot tidak melihat ada orang lain, kemungkinan yang bertarung melawan Bariete adalah yang mampu melarikan diri tanpa ketahuan, Raizou sang ninja. Dan saat terjatuh Bariete meniru kata-kata yang sering diucapkan oleh Raizou. ETETETE.

Lalu kenapa wanita hewan (?) itu bisa memakai pakaian Nami dan menaiki hewan yang dulu dipakai Sheep Head. Mudah saja, 7 hari yang lalu dia bertemu Nami dipersembunyian dan saat itu Nami membawa tas berisi banyak pakaian. Nami yang melihat pakaian wanita hewan itu compang camping karena bertarung meminjamkan pakaiannya. Kemungkinan besar Nami juga menceritakan tentang teman bajak lautnya yang akan datang. Karena itu dia menghentikan pertarungan Carrot melawan Zoro. Wanita hewan itu juga mengatakan ada pengacau di hutan, sepertinya persembunyian suku mink sudah ketahuan.

Oh sepertinya aku melewatkan gadis kelinci, Carrot. Kemunculannya cukup fenomenal. Dia bisa menghindari serangan Zoro dengan mudah. Gerakannya seperti melayang di udara, ini seperti versi halus jurus Geppo milik CP9 atau Sky Walk milik Sanji. Bagaimana dengan cakar yang bisa menghasilkan listrik? apakah dia seorang Fruit user? Menurutku tidak. Itu hanya jurus biasa saja. Seperti 'Penguasa Petir' Makugai, bajak laut aliansi Shirohige yang mampu mengeluarkan serangan petir / listrik dari pedangnya. Detailnya tidak perlu kujelaskan karena yang seperti ini sudah sering muncul :D

2. Mokomo Dukedom

Akhirnya Luffy cs sampai ke punggung gajah. Pintu masuk Zou tampak seperti gerbang sebuah benteng dengan tulisan Mokomo Dukedom diatasnya, atau Mokomo Koukoku dalam bahasa Jepang yang berarti Fluffy Kingdom/Country (sumber: Powermanga). Fluffy berarti rambut halus, seperti benang. Sedangkan Mink artinya bulu binatang, semacam cerpelai. Close enough lah :D
Pulau ataupun kerajaan di One Piece biasanya terinspirasi dari dunia nyata. Lalu apa yang menjadi inspirasi dari Mokomo Dukedom ini? Jawabannya adalah kota tua Sanaa, ibukota Yaman. Sanaa atau Sana’a merupakan salah satu kota tertua di dunia. Berada diketinggian 2200m, membuatnya menjadi ibukota tertinggi di dunia. Menurut legenda kota ini dibangun oleh Shem, anak dari Noah. Tunggu dulu.. bagian mana yang mirip? Ini dia, Bab al-Yaman atau gerbang Yaman pintu masuk ke kota Sanaa yang diperkirakan berumur 1.000 tahun.

Pada tahun 570 M, Gubernur Yaman, Abraha, membangun sebuah kuil raksasa di Sanaa untuk menyaingi Kabah di Mekah dan memerintahkan orang-orang untuk beribadah di kuilnya. Tapi perintahnya diabaikan, sehingga dia memutuskan untuk menyerang Mekah dan menghancurkan Kabah. Dia memimpin pasukannya sendiri, dan pasukannya adalah pasukan bergajah! Oke, mungkin ceritaku melenceng dan agak maksa hahaha. Kita lanjut saja.

Yang paling menarik perhatianku disini adalah Hutan Paus. Tampak jelas dari atas menara pengintai, ada sebuah pohon yang tumbuh dari punggung seekor ikan Paus. Bagaimana bisa? Aspidochelone. Sebuah legenda tentang makhluk laut, biasanya adalah ikan paus atau penyu yang memiliki ukuran tubuh yang sangat besar. Dipunggungnya terdapat pepohonan atau bahkan bebatuan sehingga banyak yang mengira itu adalah sebuah pulau. Namun disini ceritanya sedikit berbeda, pulaunya ada diatas Gajah, tetapi pohonnya (pohon utama) tumbuh dipungung ikan paus. Wow! Ditambah jika teoriku benar jika gajah Zou sebenarnya menaiki seekor penyu (Review 802). Double Wow!! Aku mengatakan pohon yang tumbuh dipunggung ikan paus adalah pohon utama karena menurutku pohon inilah yang menjadi sumber kehidupan di Zou. Sama seperti rawa berkabut di film Avatar The Legend of Aang. Sebuah hutan yang terbentuk dari suatu organisme tunggal yang besar (yaitu sebuah pohon raksasa yang terhubung dengan dunia roh).

Luffy mengatakan ada hutan dan juga sungai. Lalu darimana sumber airnya? Kemungkinan besar berasal dari air yang disemprotkan gajah. Air tersebut kumpulkan dengan cara tertentu ke istana kemudian disuling. Air yang sudah bersih kemudian dialirkan melalui kanal-kanal yang ada di sekeliling istana. Kemudian bentuk tebing yang ada di bagian kanan dan kiri kota, sekilas aku mengira itu adalah makam ala suku Toraja. Tapi ternyata lebih mirip ke makam penguasa dinasti Achaemenid yang dikenal dengan nama Naqsh e Rustam.  

Salah satu peghuni makam disana adalah Cyrus The Great. Pendiri Kekaisaran Persia dan dinasti Achaemenid. Cyrus The Great berhasil menciptakan kekaisaran terbesar di dunia pada masanya dan ratusan tahun sesudahnya. Petunjuk Ancient Kingdomkah? Mungkin saja. Mengingat umur sang Gajah sudah 1.000 tahun. Aku cukup yakin kalau ada poneglyph di sana.

Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar