Selasa, 13 Oktober 2015

OnePiece 803: Revolutionary Army, BlackBeard Pirates, Kenbunshoku Haki & Raizou



Chapter 803 dibuka dengan ‘kegilaan’ lain dari Barto Club saat bertemu Thousand Sunny. Aku agak kecewa karena mereka tidak ikut berpetualang di Zou, tapi Oda pasti sudah mempersiapkan waktu yang tepat untuk aksi-aksi gila mereka nantinya. Abaikan saja perpisahaannya, karena Luffy dan yang lainnya juga mengabaikan mereka. LOL. Kemudian ‘kegilaan’ kedua muncul saat Kanjuro mulai menggambar, Cacing? Ular? Kadal? Sangat sulit ditebak seperti biasa. Tapi ternyata yang muncul adalah seekor naga. Naga imut yang tidak bisa terbang. Double LOL. Oke langsung saja pembahasan. Cekidot:

1. Revolutionary Army

Dampak dari kejatuhan Flaminggo sangatlah besar. Sepertinya ada cukup banyak negara yang membeli senjata dari sang Joker, termasuk diantaranya negara yang menjadi sasaran Pasukan Revolusi. Dan kini negara-negara yang sedang berperang itu kekurangan pasokan senjata sehingga mengalami kekalahan. Tapi Dragon tidak terlena dengan kemenangan itu, dia sadar pemerintah dunia tidak akan tinggal diam. Ditambah lagi Chiper Pol yang sekarang sudah lebih kuat dari 2 tahun lalu. Kemudian Dragon meminta Koala untuk memanggil pimpinan pasukan revolusi di seluruh dunia. WOW. Siapa saja mereka masih menjadi misteri, tapi tentunya Ivankov masuk kedalam hitungan. Aku berharap jumlah mereka lebih banyak dari siluet yang ditampilkan di chapter 801 (ada 4 orang termasuk Dragon, Sabo dan Ivankov). Dan tampaknya Koala cukup kaget mendengarnya, “Apa? Anda bermaksud mengumpulkan orang-orang ___ itu?” Sengaja kukosongkan, kebanyakan website menuliskan Weird People, orang aneh/mengerikan. Namun Powermanga menulis Intense People, orang hebat. Sejauh ini terjemahan dari Powermanga yang paling mendekati benar.

Yang tidak kalah menarik adalah saat Koala mengatakan kalau senjata-sejata yang diambil dari Dressrosa mengandung bahan special. Liquor Iron Ore. Material yang hanya bisa ditemukan di sedikit tempat. Jika bisa ditelusuri maka mereka bisa mengetahui siapa dalang dibalik pembuatan senjata ini. What? Jadi senjata ini bukan dibuat oleh Flaminggo? Lalu siapa? Jawabannya adalah Kaido.

Ingat cerita petualangan Caribou di cover story? Caribou yang melarikan diri dari G-5 terdampar di suatu pulau yang ternyata adalah daerah kekuasaan Kaido. Pulau yang dulu juga pernah didatangi X  Drake. Menurutku di pulau favorit Kaido ini bukan terdapat pabrik pembuatan senjata. Tapi juga lokasi penambangan dari Liquor Iron Ore itu sendiri.

Saat Caribou terdampar, tidak ada yang aneh dari pegunungan yang ada di pulau tersebut. Padahal sewaktu X Drake datang ke pulau itu sekitar 2 tahun yang lalu, bagian puncak pegunungan itu tidak terlihat normal, seperti bangunan yang belum selesai dibuat. Yup itu adalah gunung buatan yang dibangun untuk menutupi tambang Liquor Iron. Mungkin dulu memang ada pegunungan disana, tapi seiring waktu gunung yang ditambang berubah menjadi lembah. Dan untuk menutupi lokasi pertambangan dibangunlah pegunungan palsu itu.

Sepertinya sebuah pertukaran yang cukup adil. Flaminggo memberikan Smile untuk Kaido, Kaido memberikan sejata dengan bahan khusus untuk Flaminggo. Jadi bukan hanya Kaido yang harus terus membeli SAD untuk pasukan Smilenya, Flaminggo juga harus membeli senjata dari Kaido karena senjata itu dibuat dengan bahan khusus yang dimiliki Kaido. Sepertinya Kaido memiliki tangan kanan yang sangat cerdas, karena tentu saja dia tidak memiliki naluri bisnis seperti ini :D



2. BlackBeard Pirates

Kapal baru BlackBeard cukup keren menurutku, bentuk potongan kayu dibagian kanan dan kiri kapal diambil dari desain kapal lama BlackBeard, Maratabune yang berarti rakit. Dua kapal yang di komandoi oleh Shiliew (Kapten kapal ke 2) dan Lafitte (Kapten kapal ke 5) ini baru saja meninggalkan Dressrosa karena tidak menemukan Burgess di sana. Ternyata setelah dikalahkan oleh Sabo, Burgess  menyusup ke salah satu kapal dan jatuh pingsan. Kebetulan sekali, kapal yang dimasukinya ternyata adalah kapal Sabo yang akan berlayar menuju Baltigo. Banyak yang bertanya bagaimana bisa Sabo tidak mengetahui ada penyusup dikapalnya?  Ini akan aku bahas di point ke 3.

Ternyata Burgess menyadari kapal yang dinaikinya membawa banyak senjata, dan entah bagaimana dia juga mengetahui ada banyak senjata lainnya di pulau itu. “Beritahu Kapten Teach, kita bisa mendapatkan banyak senjata jika menyerang pulau ini.” WOW.. Revolutionary Army vs BlackBeard Pirates, sebuah pertarungan yang tidak terduga sama sekali. Lalu apakah Teach akan menyetujui rencana tersebut? Kemungkinan besar YA. Alasan pertama adalah karena dia cukup gila untuk melakukan itu. Dia pernah menyusup ke Impel Down hanya dengan 4 kru, dengan pasukan besar yang dimilikinya sekarang sepertinya nyalinya juga bertambah besar. Kedua adalah Burgess, mereka harus menjemput Burgess yang sedang sekarat di sana. Dan pastinya akan sulit dilakukan diam-diam. Pulau Baltigo pasti dijaga dengan ketat oleh pasukan revolusi, jadi menyerang adalah cara terbaik. Ketiga, fakta bahwa pasukan revolusi tersebar di penjuru dunia, jadi tidak aneh jika nanti Teach berfikir yang ada di Baltigo hanya sebagiannya saja, dia tentu tidak tahu kalau Dragon akan mengadakan pertemuan dengan pemimpin revolusi yang lain.

Bagaimana dengan hasil akhirnya? Kemungkinan besar adalah seri. Kedua kubu masih terlalu cepat untuk kalah. Pasukan revolusi baru saja dimunculkan secara terang-terangan dan mereka akan memberikan pengaruh besar untuk alur cerita kedepannya. BlackBeard juga tidak mungkin kalah sekarang karena mereka digadang-gadang akan menjadi musuh terakhir Luffy cs. Jadi menurutku perang ini akan berakhir seri atau salah satu kubu memilih untuk mengalah.

3. Kenbunshoku  Haki

Kenbunshoku Haki atau Haki Observasi memungkinkan pengguna untuk merasakan keberadaan orang lain. Pertanyaannya adalah kenapa Sabo tidak menyadari keberadaan Burgess di kapalnya atau bahkan Dragon tidak menyadari keberadaan Burgess di Baltigo. Jawabannya mudah, karena Kenbunshoku  Haki tidak diaktifkan 24 jam. Haki bisa habis jika dipakai terus menerus, contohnya adalah Luffy setelah memakai Gear 4. Lalu timbul pertanyaan lain bagaimana saat Luffy menyadari keberadaan Caribou di istana Ryuuguu (chapter 650). Apakah Luffy sedang mengaktifkan Kenbunshoku Haki? Padahal saat itu mereka sedang duduk santai dan mengobrol (Luffy hanya makan saja sebenarnya) dengan Jinbei. Tentu tidak.

Kenbunshoku haki bisa dikombinasikan dengan kekuatan penggunanya, misalnya Enel dengan Goro Goro no Mi. Dia membuat  gelombang elektromagnetik sehingga dia bisa mendengar percakapan bahkan hingga ke seluruh Skypiea. Dan kekuatan pengguna disini bukan hanya kekuatan buah iblis saja, tapi juga kekuatan selain itu. Dalam hal ini adalah keberadaan hawa atau aura jahat.

Seseorang yang biasa bertarung dapat dengan mudah merasahan hawa membunuh musuhnya, dan ini tidak memerlukan haki. Contohnya adalah saat Zoro mengalahkan Monet, dia tidak memakai  haki melainkan dengan menggunakan hawa membunuhnya (chapter 687). Atau saat Ace akan membunuh Shirohige yang sedang tertidur (chapter 552), Shirohige langsung menyadari hawa membunuh dari Ace dengan mudah. Sepertinya tidak mungkin Shirohige yang saat itu sedang tidur mengaktifkan Kenbunshoku Haki.

Jadi saat itu Luffy menyadari ada hawa aneh di dalam istana (bukan hawa membunuh karena Caribou hanya bermaksud menculik), dan karena istana Ryuuguu yang luas dan saat itu dia tidak mengaktifkan Kenbunshoku haki dia tidak tahu siapa yang mengeluarkan hawa itu. Menurut translete dari mangareader, saat itu Luffy merasakan hawa kehadiran mirip hewan raksasa. Kemudian dia mengaktifkan Kenbunshokunya (atau bisa saja Kenbunshoku haki ini aktif secara otomatis karena dipicu oleh hawa kehadiran tadi) dan bisa menemukan keberadaan Caribou.


Jadi selain Dragon atau Sabo atau pasukan revolusi yang lain tidak mengaktifkan Kenbunshoku hakinya, hawa Burgess juga terlalu lemah karena dia sedang dalam keadaan sekarat. Atau mungkin saja ada yang menyadari hawa kehadiran Burgess tapi menganggap itu hanya hewan saja. Lalu bagaimana dengan Fujitora, apakah dia terus mengaktifkan Kenbunshokunya? Menurutku tidak, dia beberapa kali terlihat menggunakan pedangnya sebagai tongkat. Lagi pula banyak teori yang mengatakan kalau orang buta mampu melihat menggunakan telinganya (walau tidak pada tahap ekstrim sih), dan Fujitora sendiri memiliki pendengaran yang luar biasa. Ingat saat dia dan Flaminggo sedang betarung melawan Law di Green Bit, dia mampu mendengar suara petir yang dibuat Nami di tengah laut dan menyangka akan turun hujan. Jika dia memakai Kenbunshoku haki tentunya dia akan sadar kalau itu bukanlah petir sungguhan karena keberadaan Nami.

Yang tidak kalah uniknya adalah Kenbunshoku milik Sanji. Karena kecintaan dan pengabdiannya pada wanita cantik, dia mampu mendengan suara tetesan air mata Tashigi dan menolongnya saat melawan Vergo (chapter  680). LOL



4. Raizou The Ninja

Ketika mendengar kalau Raizou adalah ninja, Luffy, Usop, bahkan Zoro dan Law langsung berbinar-binar. Mungkin inilah ekspresi laki-laki di dunia One Piece ketika akan melihat ninja. Sama seperti saat melihat laser ataupun robot. Bagaimana karakter Raizou ini? dia seorang diri mampu mencapai Zou, pulau yang selalu bergerak. Apakah dia menggunakan vivre card seseorang yang ada di sana? atau dia sendiri adalah Minkmen? entahlah. Masih terlalu cepat untuk menebak, tapi menurutku dia adalah karakter yang tampak serius dan cool. Karena sejauh ini semua karakter yang berasal dari Wano adalah orang-orang konyol. Untuk kekuatannya sepertinya sesuatu yang berhubungan dengan petir, persis seperti namanya rai yang berarti petir. Oh ya, saat Kinemon melihat Nami menciptakan petir, dia menyangka nami sedang menggunakan ninjutsu. Jangan-jangan...



Terakhir, sepertinya aku melupakan Buggy. Tidak banyak yang bisa dibahas, dia menyediakan tentara bayaran dan kejatuhan Flaminggo tentu menguntungkan dia. Karena negara yang sedang berperang tidak mempunyai amunisi lagi dan mulai terdesak, terpaksa mereka menggunakan jasa tentara bayaran. Buggy terlihat memakai kekuatan buah iblisnya untuk menipu bawahannya haha. Dan fakta bahwa Hajrudin adalah prajurin S-class Buggy benar-benar tidak terduga. Apakah saat mengetahui alasan keluarnya Hajrudin, Buggy akan langsung mengincar Luffy. Sepertinya tidak, Buggy berhutang banyak pada Luffy saat di Impel Down. Menurutku mungkin mereka malah akan menjadi aliansi suatu saat nanti.


Terimakasih telah membaca 

1 komentar: