Selasa, 03 November 2015

Suku Mink, Electro, Guardians and Warrior, Near Death & Captain Jack


Chapter 805 sangat luar biasa. Kejutan demi kejutan kembali dimunculkan Oda. Ekspresi Robin adalah juara satunya. LOL. Disusul dengan pengakuan Zoro akan kekuatan Sanji. Heart Pirates, Bepo, Penguin, Sachi dan Jean Bart yang sudah sangat ditunggu akhirnya  muncul juga. Terakhir fakta menyedihkan kalau sebenarnya Law tidak pernah berfikir akan bertemu kembali dengan krunya. Oke langsung saja ke reviewnya. Cekidot:

1. Suku Mink
Sekilas aku melihat suku Mink seperti versi darat dari duyung dan manusia ikan. Mereka memiliki tubuh campuran manusia hewan, dengan kecerdasan manusia dan kekuatan ataupun sifat dari hewannya. Kemampuan loncatan Carrot adalah contohnya, ditambah dengan pengelihatan yang baik karena mengkonsumsi wortel (?) dia dengan mudah mengetahui lokasi keributan di hutan Paus. Tetapi yang (bisa saja) menjadi kelemahannya adalah sifat hewan mereka. Konsentrasi Rody dan Black Back yang sedang bertempur langsung hilang ketika melihan kain yang berkibar dan satu sisir pisang. LOL. Kelemahan yang cukup fatal menurutku. Wanda juga terlihat menjilat wajah Luffy saat ‘menyelamatkannya’ dari Guardians.

Kemudian perbedaan bentuk fisik dari suku Mink. Sebenarnya masih terlalu cepat untuk menyimpulkan, karena baru 7 dari mereka yang muncul. Wanda dan Carrot jelas wanita. Bentuk tubuh Wanda dan Carrot lebih mirip manusia, dengan bulu yang lebih halus. Bepo, Rody, Black Back dan Pedro adalah pria. Mereka memiliki tubuh yang lebih condong ke bentuk hewannya dengan bulu yang lebih lebat. Bariete? Sepertinya Pria, masih tidak jelas karena bentuk tubuh hewannya (monyet) juga mirip dengan manusia kerdil. Tapi gaya berpakaiannya mirip dengan Black Back. Kerabat dekatkah? :D

2. Electro
Ternyata kekuatan listrik tidak hanya dimiliki oleh Carrot. Kekuatan ini juga dipakai Rody saat bertarung melawan Luffy. Tidak perlu kujelaskan kenapa listrik tidak berpengaruh ke Luffy. Haha. Lalu darimana asal kekuatan listrik tersebut? Pertama, bisa saja berasal dari sejenis dial di Skypiea. Kedua, ini adalah kemampuan khas dari suku mink. Seperti fishman karate yang menjadi kemampuan khas dari manusia ikan. Mungkin seperti percobaan yang dilakukan saat praktek IPA di sekolah dasar. Sebuah penggaris plastik yang digosok ke rambut bisa menghasilkan listrik statis yang mampu menggerakkan sobekan kertas. Hanya saja listrik yang dihasilkan disini ada di tahap ekstrem.

3. Guardians and Warrior
Guardians, pelindung. Dalam bahasa kanji ditulis Kyoukaku Dan, yang berarti kelompok pembela yang lemah. Tapi biasa digunakan sebagai ‘ungkapan halus’ dari Yakuza (Sumber: Powermanga). Disini Guardians bertugas menjaga hutan paus agar tidak dimasuki orang asing. Warrior bisa dibilang adalah kesatria, pejuang, prajurit dan sejeisnya. Apa yang membuatnya berbeda dengan para Guardians?

TEORI: Sejauh ini yang membedakan Guardians dengan Warrior adalah jenis kelamin dan bentuk fisik seperti yang kujelaskan di point 1. Warrior adalah Wanda dan Carrot. Guardians adalah Rody, Black Back, Pedro dan Bepo (sebagai pembantu Guardians). Dan bisa saja perbedaan bentuk fisik mereka bukan karena jenis kelamin, tapi karena berbeda ‘golongan.’ Singkatnya seperti suku Baduy, ada Baduy dalam dan Baduy luar. Suku Mink ‘luar’ yang tinggal di Mokomo Dukedom memiliki Warrior yang menjaga kota. Sedangkan suku mink ‘dalam’ tinggal di suatu tempat di hutan dan memiliki Guardians yang bertugas menjaga hutan paus. Hutan yang tidak boleh dimasuki sembarang orang. Bahkan ketika Bepo mengatakan kalau Luffy adalah kenalannya, Rody tetap menyerangnya karena Luffy masuk hutan Paus tanpa izin. Lalu kenapa Guardians harus menjaga tempat itu? Karena pohon pauskah? Atau makam di tebing? Ada apa sebenarnya di hutan paus?   

Berbeda dengan Guardians, Warrior terlihat sedikit membantu Luffy cs -Walau aku belum mengerti kenapa Carrot menyerang Zoro, padahal dia sudah mengenali kru topi jerami. Kemungkinan para Warrior (juga suku Mink) berterimakasih karena Luffy berhasil mengalahkan Flaminggo, dalang dibalik jual beli budak dimana Mink juga termasuk didalamnya. Atau karena menghancurkan pabrik smile sehingga melemahkan kekuatan Kaido, artinya suku Mink memang mempunyai masalah dengan Kaido. Jika memang bajak laut topi jerami dianggap tamu kehormatan oleh suku mink. Ini akan menjelaskan kata-kata Wanda “Memang dia (Luffy) adalah kapten mereka (Bajak Laut Topi Jerami), tapi tidak akan ada ampun.” Maksudnya adalah: Luffy adalah kapten dari tamu mereka, yang seharusnya dihormati. Tapi jika Luffy melanggar aturan dengan memasuki hutan Paus, Guardians akan menghabisinya. Dan kata-kata Wanda sebelumnya “Apa yang terjadi terjadilah.” Yang merujuk pada mayat Sanji cs seperti sebuah penyesalan. Suatu peristiwa yang seharusnya tidak terjadi. Apakah Guardians yang ‘membunuh’ Sanji cs? Terlebih saat itu Sanji cs ada di hutan sehingga ada kemungkinan Guardians yang ‘menghabisi mereka.’

Saat akan membawa Luffy, Wanda meminta izin terlebih dahulu kepada Guardians. Dia mengatakan meminta kemurahan hati para Guardians dan meminta mereka memaafkan pelanggaran yang dilakukan Luffy. Dan dijawab oleh Pedro “Jika itu pertimbanganmu Wanda... mundurlah Rody! BB!” Sepertinya Wanda dan Pedro adalah pemimpin dari masing-masing kubu. Walau begitu Wanda terlihat mengeluarkan pedangnya saat turun dari Wani (Buaya) ketika menolong Luffy. Jadi kemungkinan hubungan Warrior dan Guardians tidak begitu baik. Tambahan: Jika ada yang bingung kenapa Luffy tidak sadar sedang dikepung, silahkan baca review 803 Kenbunshoku Haki.

Ada kata-kata Wanda yang sedikit mengganjal. Setelah menolong Luffy dia mengatakan kalau Luffy seharusnya bersyukur saat itu bukanlah malam yang diterangi bulan (moonlit night). Luffy yang terlihat bingung sepertinya ingin bertanya, tapi percakapan mereka dipotong oleh Bepo. Apa yang sebenarnya terjadi di moonlit night? Apakah kekuatan Mink akan bertambah saat ada cahaya bulan. Memang beberapa hewan seperti anjing menjadi sedikit lebih liar saat moonlit night. Tapi aku belum menemukan penjelasan lebih jauh tentang ini.

4. Near Death
Near Death atau mati suri. Ya. Tentu saja Sanji cs tidak mati. Ada seseorang yang begitu kuat hingga mampu mengalahkan Sanji bahkan membuatnya ‘mati’! Wanda juga tidak mungkin tertipu dengan tubuh Brook karena dia mengatakan “your friends corpses”. Ada beberapa mayat, tidak hanya satu. Dan tidak mungkin juga mereka hanya pura-pura mati.

Fakta: Beberapa ilmuwan mencoba menjelaskan pengalaman mati suri dengan melihat gelombang otak. Mereka menemukan lonjakan aktivitas listrik di korban mati suri. Lonjakan inilah yang kemungkinan bertanggungj jawab terhadap pengalaman mati suri (sumbe: Republika). Jadi kemungkinan besar mati suri disebabkan oleh aliran listrik. Electro? Jika iya tentu dia adalah Mink yang sangat kuat hingga mampu merobohkan Sanji. Apakah ini kekuatan dari moonlit night yang dikatakan Wanda? Bisa saja. Lalu bagaimana menghidupkan mereka kembali, karena Chopper sang dokter juga ikut mati suri. Tentu saja the one and only Trafalgar Law.

Bagaimana dengan kemungkinan lain? Jawabannya adalah Buah iblis. Setelah Sanji cs mengalahkan Sheep-Head, mereka bertemu dengan seseorang dengan pangkat dan kekuatan jauh diatas Sheep-Head. Bisa jadi itu adalah Jack sendiri. Lalu terjadi pertarungan dan Sanji cs kalah. Jika kekuatan Moria mampu mencuri bayangan dan Law mampu menukar jiwa seseorang, orang ini mempunyai kekuatan yang menggabungkan keduanya. Menurutku dia bukan Jack karena aku punya teori sendiri tentang kekuatannya. Dan jika teori ini benar seharusnya pelakunya masih ada di Zou, jadi Luffy hanya perlu mengalahkannya tanpa harus meninggalkan Zou untuk menyelamatkan Sanji cs.

5. Captain Jack
Namanya pertama kali muncul di chapter 692 tepat setelah Caesar dikalahkan Luffy. Disitu namanya hanya disebut Jack saja tanpa embel-embel kapten, menandakan orang bertanduk di siluet tersebut memiliki posisi yang sejajar dengan Jack. Kemunculan keduanya di chapter 801 lebih kontroversial. Dia berniat menyerang konvoi 4 kapal perang angkatan laut untuk membebaskan Flaminggo! Sepertinya orang ini sangat pede dengan kekuatannya. Dan itu wajar saja. Jika benar kapten Jack adalah anak buah Kaido yang bertugas mengejar samurai Wano sekaligus menjadi penyambung antara Flaminggo dengan Kaido, artinya dia adalah salah satu orang kepercayaan Kaido. Levelnya mirip dengan Marco ataupun Ace di bajak laut Shirohige, yang mampu mengimbangi Admiral. Ditambah melihat kondisi Mokomo Dukedom yan hancur berantakan dan kondisi Guardians yang penuh luka. Oh, mungkin saja dia tidak tahu kalau ada Sengoku atau Otsuru disana. Hahaha.
Setelah kemunculan siluetnya, kapten Jack sering dikaitkan dengan kapten Morgan. Alasannya adalah pelindung mulutnya, yang jika diperhatikan sebenarnya berbeda dengan pelindung mulut Morgan.

Lalu apa sebenarnya kekuatan dari kapten Jack ini. Kita tahu Bajak laut Kaido identik dengan kekuatan Zoan smilenya, tapi untuk orang sepenting Jack sepertinya buah iblisnya bukan smile. Dari hiasan di kapalnya dan jejak kaki yang ditemukan di Zou, kesimpulan yang didapat adalah Zoan gajah. Zou Zou no Mi? Tidak mungkin, karena kekuatan ini sudah dipakai oleh Funkfreed, pedang milik Spandam. Ada beberapa teori yang mengatakan buah iblisnya adalah Mythical Zoan Ganesa, dewa dalam agama Hindu yang bertangan empat (ada yang mengatakan 6) dan berkepala gajah. Kelemahan teori adalah dewa Ganesa memiliki kaki manusia biasa, sedangkan jejak raksasa yang ditemukan di Zou mirip dengan jejak kaki gajah. Tapi bagi yang mendukung teori ini (termasuk aku sendiri :D) jangan berkecil hati, karena dikatakan Ganesa sering menaiki berbagai macam tunggangan, mulai dari tikus, singa, merak, kuda hingga gajah. Jadi bisa saja jejak yang ada di Zou adalah jejak tunganggannya. Dan kemungkinan terakhir buah iblisnya adalah Ancient Zoan Mammoth.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar