Sabtu, 02 April 2016

One Piece 821: Suara Zunisha & Penelepon misterius.



Setelah berhari-hari mencoba mencuri waktu untuk kembali menulis blog, akhirnya berhasil juga - sedikit lebay sih hehe. Ditengah kerumitan (dan kebuntuan) menulis skripsi dan menjadi buronan ‘only alive’ oleh dosen pembimbing, hal-hal yang berbau one piece tetap menjadi hiburan nomor satuku. Hahaha. Aku minta maaf jika pembahasannya terlalu pendek. Oke, Cukup sudah curhatnya kita langsung saja ke pembahasan:

Suara Zunisha

Ternyata Zunisha adalah pemilik suara yang didengar oleh Momo, bukan poneglyph seperti yang kuperkirakan. Pantas saja saat berjalan menuju hutan paus, suara di kepala Momo semakin berisik, tetapi saat memasuki ruangan paus dia tidak mendengar apapun. Karena saat berjalan menuju hutan paus posisi mereka juga semakin dekat dengan kepala Zunisha dan sepertinya ruangan paus juga kedap suara, suara teriakan Raizo juga tidak terdengar keluar. Namun kali ini suara Zunisha berbeda, suaranya terdengar dengan jelas, dia sedang mencoba berbicara dengan seseorang! apa mungkin suara yang didengar Momo sebelumnya hanya desahan nafasnya saja? LOL.

Ternyata Luffy juga mendengar suara Zunisha, tapi dia tidak bisa berbicara dengannya. Pedro mengatakan jika Gold D Roger dan Oden juga mengalami hal yang sama, mendengar suara aneh yang tidak bisa mereka ajak bicara. Apa yang terjadi? Kenapa hanya Momo yang bisa berbicara dengannya? Aku punya dua teori:

Pertama, kekuatan Momo adalah voices of all things atau mendengar segala hal yang pernah dikatakan Rayleigh. Lalu kenapa dulu Gold D Roger dan Oden tidak bisa berbicara dengannya? PERJANJIAN. Dahulu kala Zunisha telah melakukan sebuah kesalahan, karena itu dia dihukum. Sebuah hukuman yang sangat berat, yaitu terus berjalan tanpa henti dan hanya boleh melakukan sesuatu sesuai dengan perintah, selamanya. Perintah dari siapa? Tentu saja dari orang yang memberinya hukuman, yang menurutku adalah pemimpin klan Kouzuki di masa lalu. Hanya dari dia seorang. Tetapi saat armada Jack mencoba merobohkannya dia tidak mungkin hanya diam dan berjalan seperti biasanya. Dia tahu hukumannya bukan hanya sekedar ‘berjalan’ saja, ada sesuatu di atas punggungnya yang harus  dilindungi, tapi tetap dia tidak bisa melanggar perintah. Kecuali... kecuali dia ‘diizinkan’ untuk melanggar sekali saja, dan yang memberi izin haruslah keturunan dari sang pemberi hukuman. Momonosuke. “you must give me permission! Just this once! Kau harus memberiku izin! kali ini saja!” Jadi ini adalah pengecualian yang dibuat oleh Zunisha sendiri. Dan setelah melibas armada Jack, Zunisha kembali melanjutkan hukumannya.

Teori kedua tentu saja Momo adalah Ancient Weapon. Uranus? Tubuh Zunisha yang super tinggi konon menggambarkan sang dewa langit ini. Tiba-tiba aku teringat teori bung tony tentang uranus: Doflamingo mengetahui sebuah rahasia busuk WG, mereka menyimpan senjata kuno Uranus di suatu tempat. Bentuknya adalah makhluk raksasa, karena itu dia begitu menginginkan buah ope-ope. Hanya tinggal ‘shambles’ saja dia akan bertukar tubuh dengan si raksasa. Wow wow wow.. untuk lebih detailnya silahkan dibaca sendiri: https://id-id.facebook.com/tonyohohoblog/posts/819653274759287 Mungkin saat pertarungan antara Ancient Kingdom melawan World Goverment mendekati akhir, pihak Arabasta membocorkan strategi perang WG. Namun AK sudah merasa kalau mereka tetap akan mengalami kekalahan, lalu dengan berbagai pertimbangan mereka memutuskan untuk tidak memakai 3 senjata terkuat mereka karena takut akan resiko jatuh ke tangan musuh dan memilih untuk menyembunyikannya. Mereka juga berhasil menyelamatkan beberapa orang dari mereka dengan bantuan pihak Arabasta dkk. Orang-orang itu bertugas untuk membuat poneglyph dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Salah satunya berisi permintaan maaf Joy Boy yang tidak bisa menepati janjinya, sesuatu yang berhubungan dengan kapal Noah dan Poseidon karena keberadaan poseidon yang mulai saat itu harus dirahasiakan. Namun kawanan gajah ‘Uranus’ termasuk Zunisha memilih untuk tetap bertempur dan mengabaikan perintah. Lalu terjadilah apa yang ditakutkan oleh AK, seekor gajah berhasil ditangkap oleh WG. Sang ‘Uranus’ pun memberi hukuman kepada satu-satunya gajah yang selamat, Zunisha. Wah, ceritanya jadi sedikit melenceng. Haha.

Aku sedikit meragukan teori kedua, untuk alasan yang lebih personal (maaf L) kekuatannya terlalu mirip dengan Poseidon. Dan lagi jumlahnya terlalu sedikit, hanya ada satu gajah saja (atau dua) walaupun kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Berbeda dengan Poseidon, ada ratusan Sea King bahkan mungkin lebih di Grandline. Juga Pluton yang dapat dibuat dalam jumlah yang banyak. Beda ceritanya jika Momo ternyata juga Poseidon (lagi-lagi teori bung Tony). Kemampuan untuk mengendalikan hewan kuno yang dimiliki beberapa orang, tidak hanya satu.

Oh ya, ada kekuatan lain yang membuatku terkejut. Momo mampu melihat melalui mata Zunisha! Mungkin dengan cara inilah dia melihat Roger, hanya dengan versi yang lebih ekstrim. Dia melihat hingga ke masa lalu, mungkin melalui mata ayahnya.

Penelepon Misterius.

Berita datang dengan cepat, secepat pertarungan Jack vs Zunisha. Seseorang dari bajak laut Kaido melapor ke Kaido kalau dia telah kehilangan kontak dengan Jack. Siapakah dia? Kita bisa mengetahui siapa orang itu karena rupa dari den den mushi akan menyerupai sang lawan bicara.  Sebuah tanduk, yang menjadi ciri khas bajak laut Kaido dan bentuk gigi yang menyerupai piano. Scratchmen Apoo! Menurutku gigi piano ini bukan sekedar ciri khas dari Apoo tapi ini juga efek dari buah iblis yang dimakannya. Artinya ‘gigi’ itu hanya satu-satunya di dunia (bersiaplah untuk di troll Oda. Haha).

Lalu kenapa Apoo ada di pihak Kaido? Apakah dia mengkhianati aliansi Kid? atau memang sejak awal dia sudah bergabung dengan Kaido? Kemudian dia ditugaskan untuk mendekati Kid dan berpura-pura menjadi ‘rekan’. Sebuah cara yang nggak Kaido banget. Hahaha. Jadi aku lebih setuju yang pertama. Apoo sepertinya seorang pengecut, dia menyerang Kizaru yang sedang ‘lengah’ dan langsung kabur. Hawkins sangat percaya dengan ramalan, dia tetap duduk santai dihadapan Pacifista karena ramalannya mengatakan kemungkinan dia tewas adalah 0%. Dan Kid, kita semua tahu seperti apa dia. Jadi saat Kaido muncul dihadapan mereka, dengan asumsi kalau mereka sudah mengenal wajah Kaido atau hanya menyadari perbedaan kekuatan mereka (terlihat dari ekspresi wajah mereka bertiga) maka yang terjadi kemudian adalah Kid langsung menyerang, Hawkins meramal kemudian ikut menyerang dan Apoo menjilat.

Setelah pertarungan itu, anak buah Kaido datang. Setelah sebelumnya kebingungan mencari Kaido, mereka sadar kalau ada satu naga yang menghilang dan melacak keberadaannya (aku pernah berteori kalau Kaido pergi ke terminal balon dengan menunggangi seekor naga). Singkat cerita akhirnya mereka menemukan Kaido di markas aliansi Kid. Pasukan pun dibagi 2, satu kelompok mengawal Kaido kembali ke pulau yang kemungkinan adalah negeri Wano. Kelompok terakhir masih berada di markas aliansi Kid, mungkin untuk menjarah barang-barang berharga di sana atau melakukan eksekusi terakhir. Dan Apoo ada di kelompok kedua. Kemudian seseorang dari kelompok kedua kehilangan kontak dengan Jack, dan akhirnya Apoo menggunakan den den mushinya untuk mengabarkan Kaido karena orang yang tadi masih terus mencoba menghubungi Jack dengan den den mushinya.


Sepertinya Kaido membawa Kid dan mungkin Hawkins lalu memenjarakan mereka. Samar-samar terlihat celana Kid di dalam gelapnya penjara. Mungkinkah Apoo telah menjual mereka? Menawarkan Kid dan Hawkins untuk ditukar dengan nyawanya? Apapun itu Kaido telah menyetujuinya. Mungkin dia membutuhkan kekuatan mereka berdua, tentunya gelar supernova bukanlah isapan jempol semata. Menurutku kekuatan yang diinginkan Kaido lebih spesifik lagi, kemampuan meramal Hawkins dan kemampuan buah iblis dari Kid. Ingat saat Revolutionary Army menemukan senjata-senjata yang terbuat dari liquor iron dan kemungkinan besar pemasok senjata-senjata ini adalah bajak laut Kaido. Lalu teoriku tentang pulau yang pernah didatangi X Drake dan Caribou bukan hanya menjadi pabrik sejata namun juga tambang dari liquor iron serta kemungkinan Kaido memiliki tambang-tambang lainnya, mungkin di negara Wano, tambang dari bahan baku untuk membuat pedang samurai. Tentunya kekuatan pengendalian logam milik Kid akan sangat berguna! Bayangkan saja jika Kid bisa langsung mendeteksi keberadaan logam di dalam tanah bahkan langsung mengangkatnya ke permukaan, praktis sekali.

Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar