Selasa, 01 Maret 2016

One Piece 817: Lambang klan Kouzuki & Poneglyph merah



Halaman pertama dibuka dengan kemunculan Jack, hanya sekedar ‘sekilas info’ saja untuk meyakinkan kalau dia tidak mati. Hehe. Hal yang tidak perlu sebenarnya karena monster ini berharga 1 milyar berry! Jika menang melawan trio monster tua marine tidak mungkin, melarikan diri dari mereka masih sangat mungkin. Disini terlihat armada Jack terdiri dari 5 kapal, sedangkan saat  ingin mencegat konvoi marine hanya ada kapal Jack seorang. Sepertinya 4 kapal lainnya adalah kapal Sheephead cs yang baru meninggalkan Zou. Kapal-kapal itu juga tidak terlihat hancur sepert kapal Jack. Oke kita langsung menuju topik utama. Cekidot:

Lambang Klan Kouzuki

Lambang dari klan Kouzuki, sepertinya aku pernah melihatnya di suatu tempat. Setelah konsultasi dengan mbah Google ternyata lambang burungnya mirip dengan logo resmi dari Japan Airlines. Bangau mahkota merah. Di Jepang bangau ini disebut tancho, yang konon bisa hidup sampai 1000 tahun. Bangau ini adalah simbol keagungan dan banyak dipakai sebagai simbol dari dulu hingga sekarang. Ternyata bangau ini bersama dengan naga menjadi 2 hewan yang paling sering dijadikan logo di Jepang. Mulai dari logo perusahaan besar sampai dengan logo di botol minuman.

Dilanjutkan dengan gambar di dada sang bangau, sebuah lingkaran yang dikelilingi 8 lingkaran yang lebih kecil. Kalau dilihat sekilas sepertinya itu simbol dari matahari, tapi kupikir kurang cocok dengan nama klannya, Kouzuki yang berarti Bulan yang bercahaya. Ditambah lagi biasanya penggambaran cahaya matahari itu berupa garis lurus ataupun segitiga yang mengelilingi lingkaran (matahari itu sendiri). Jadi mungkin saja itu adalah simbol dari bulan dan 8 lingkaran itu adalah penggambaran dari cahaya bulan. Sempat terpikir kalau simbol itu adalah planet yang dikelilingi 8 satelit, ternyata setelah ku cek planet ‘one piece’ sepertinya hanya memiliki 7 satelit saja.

Kemudian kedua simbol diatas dikelilingi oleh 25 kelopak bunga (versi tatoo di punggung Kinemon). Awalnya kukira itu adalah bunga seruni yang dipakai sebagai lambang kekaisaran jepang. Tetapi bunga seruni di lambang kekaisaran memiliki 16 kelopak. Karena belum ada wangsit jadi kulewat saja. Haha. Terakhir dan yang paling mengejutkan, gambar dua tulang yang bersilangan. Simbol bajak laut! Klan yang berumur ratusan tahun dan berada di negara yang tertutup bisa memakai simbol bajak laut. Apakah ini ada hubungannya dengan ‘semangat bendera bajak laut’ yang diceritakan dr. Hiluluk? Mungkin saja sejak awal lambang tengkorak ini bukan milik bajak laut dan bajak laut generasi pertama meniru lambang tersebut karena mereka juga membawa ‘semangat’ yang sama dengan pemilik aslinya. Sepertinya klan Kouzuki memiliki hubungan dengan kerajaan kuno dari abad kekosongan.


Poneglyph Merah

Lambang klan Kouzuki kembali muncul. Kali ini di dinding ruangan ikan paus dimana sebuah poneglyph merah berada. Hal yang aneh mengingat biasanya poneglyph berwarna biru tua. Lalu apa yang tertulis di poneglyph itu? Beberapa teori mengaitkan infomasi  di poneglyph ini dengan warnanya. Warna merah memiliki banyak arti, namun paling sering dipakai untuk menandakan peringatan ataupun bahaya. Jika lokasi senjata kuno tidak dianggap berbahaya (karena dibuat di poneglyph biru tua) apalagi yang lebih berbahaya? Jawaban yang paling masuk akal menurutku adalah informasi tentang musuh yang disebut oleh profesor Clover. Orang-orang yang mengendalikan pemerintah dunia. Tenryuubito! 

Di chapter 395 Profesor Clover dari Ohara memberitahukan hipotesisnya tentang abad yang hilang kepada Gorosei. Dari beberapa poneglyph yang ditemukan peneliti Ohara menyebutkan tentang sebuah negara yang besar di abad kekosongan (atau bisa juga disebut kerajaan kuno). Apa yang terjadi dengan negara itu masih belum jelas. Tetapi alasan kenapa orang-orang di abad kekosongan memakai monumen batu dan menyebarkannya ke seluruh dunia untuk menyampaikan pesan pada masa depan adalah karena orang-orang di masa itu memiliki musuh! Dan sungguh kebetulan era setelah abad kekosongan bertepatan dengan berdirinya pemerintahan dunia. Jika benar musuh yang menghabisi orang-orang di masa itu adalah pemerintah dunia maka abad kekosongan, era 100 tahun yang hilang adalah rekayasa yang dibuat pemerintah. Terakhir profesor Clover mengatakan kalau senjata kuno adalah ancaman bagi dunia, namun ancaman terbesar yang sesungguhnya ditakuti pemerintah dunia adalah keberadaan dan tujuan dari negara tersebut.

Jadi poneglyph merah berisi informasi tentang musuh yang berniat menghancurkan negara besar di abad kekosongan. Dari bagaimana asal usul mereka sampai rencana mereka untuk menguasai dunia. Corazon menyebutkan kalau penyandang nama D dianggap sebagai musuh alami dewa, dalam hal ini tenryuubito. Artinya kemungkinan penyandang nama D adalah orang-orang dari negara tersebut. Ini adalah teori yang pertama.

“This one is apparently for some different purpose.” Inuarashi mengatakan kalau poneglyph merah ini sepertinya dibuat untuk tujuan yang berbeda dari biasanya. Tetapi Inuarashi juga tidak mengetahui isi poneglyph itu dan meminta Robin untuk membacanya. Jika biasanya poneglyph berisi informasi mengenai senjata kuno, keberadaan poneglyph lain ataupun menceritakan tentang kebenaran dari abad kekosongan. Maka poneglyph kali ini berbeda, dalam arti bisa tidak berisi informasi seperti diatas atau bahkan dibuat oleh orang yang berbeda. Ini adalah teori kedua. Dan jika Robin tidak tahu kalau ada poneglyph merah, kemungkinan besar para peneliti Ohara juga belum mengetahui hal ini termasuk informasi yang tertulis disana. Jika isinya tidak berkaitan dengan abad kekosongan, yang pertama kali terlintas dipikiranku adalah Zunisha. Gajah raksasa yang konon berusia 1000 tahun ini tentu sangat menarik untuk diceritakan, dilanjutkan dengan asal mula suku Mink atau bagaimana sebuah kerajaan bisa dibangun diatas tubuh Zunisha. 

Bagaimana lambang klan Kouzuki bisa ada di ruangan itu? Menurutku itu hanya sekedar tanda, seperti tulisan Roger di poneglyph Skypiea. Dahulu kala nenek moyang dari klan Kouzuki datang ke Zou dan mendengar ‘suara’ dari poneglyph tersebut. Kemampuan mendengar atau voices of all things yang pernah dikatakan Rayleigh. Raja bajak laut Gold D Roger dan calon raja bajak laut Monkey D Luffy memilikinya. Juga Momonosuke, keturunan dari pemimpin klan Kouzuki yang langsung merasakan ada yang aneh saat memasuki Zou. Selanjutnya terjadi sedikit konflik antara klan Kouzuki dengan suku Mink, seperti yang juga terjadi di Shandia. Singkat cerita pemimpin klan Kouzuki menemukan sumber suara tersebut dan ‘menerjemahkannya.’ Sebuah rahasia besarpun terkuak! Suku Mink yang kaget karena ada yang bisa membaca poneglyph langsung menaruh hormat. Inilah awal dari persahabatan klan Kouzuki dengan suku Mink. Lambang dari klan Kouzuki pun dibuat di dinding ruangan paus. Selama ratusan tahun kedua kelompok ini terus menjalin kontak, hingga akhirnya terjadilah pertemuan antara Inuarashi dan Nekomamushi dengan raja Oden Kouzuki. Pertemuan yang sepertinya terjadi di negara Wano, karena Momonosuke dan Kinemon ternyata sudah mengenal mereka berdua tetapi tingkah laku mereka menunjukkan kalau ini pertama kalinya mereka berada di Zou.

Kemunculan Jack memberiku alasan untuk membahas bajak laut Kaido (maksa). Untuk apa Kaido ikut campur dalam peperangan di negara Wano? Tidak gratis pastinya. Jika melihat kebencian Kinemon terhadap naga di Punk Hazard, sepertinya bajak laut Kaido juga menggunakan hewan buatan Vegapunk itu untuk menyerang klan Kouzuki. Jika benar ini akan menjelaskan bagaimana Kaido bisa berada di pulau langit, Terminal Balon. Dengan menunggangi seekor naga!

Ingat saat Caribou terdampar di pulau favorite Kaido. Ternyata dipulau itu terdapat pabrik senjata sekaligus tambang dari liquor iron yang dicari-cari oleh tentara revolusi. Kurang lebih inilah yang diinginkan Kaido dari negeri Wano. Klan yang meminta bantuan ini menjanjikan tanah yang mengandung liquor iron atau sejenisnya untuk Kaido. Tidak mengherankan jika negeri para samurai ini mengandung banyak besi berkualitas didalamnya bukan?

Lalu kenapa Doflamingo bisa ikut mengincar Momonosuke? Apa karena perintah dari Kaido? Tentu tidak. Hubungan Doflamingo hanyalah sebatas rekan bisnis, tidak lebih. Mereka berdua juga tidak beraliansi. Artinya klan yang berperang dengan Kouzuki juga meminta bantuan dari pihak lain, dalam hal ini menurutku memberi harga untuk Momonosuke di ‘dunia bawah.’

Klan ini jugalah yang bertanggung jawab atas kepanikan yang terjadi ketika Kin dan Kan memasuki Zou. Saat itu Bariete tidak berakting ketakutan. Bariete yang mengetahui kalau Kin dan Kan adalah seorang samurai juga tidak memberi tahu kalau Raizo yang mereka cari ada di Zou. Bahkan Inuarashi dan Nekomamushi datang bersamaan dengan membawa pasukan saat mengetahui ada samurai yang datang. Ini terjadi karena Kanjuro belum memperkenalkan diri sebagai utusan dari klan Kouzuki. Raizo tentu sudah menjelaskan situasi yang terjadi di negeri Wano. Mereka tidak hanya diburu oleh bajak laut Kaido saja tapi juga oleh klan samurai lain dari Wano. Dan suku Mink akan melindungi Raizo apapun resikonya. 

Kemana arah cerita ini akan dibawa masih simpang siur. Siapa Yonkou yang akan dilawan lebih dulu oleh SHP? Apakah Luffy akan pergi menyusul Sanji atau membantu klan Kouzuki? Yang jelas pertarungan akan dilakukan secara bertahap. Luffy tidak langsung berhadapan dengan sang Yonkou melainkan anak buahnya lebih dulu. Kemungkinan terbesar orang yang akan menjadi lawan selanjutnya adalah Jack dan aku cukup yakin kalau Kaido akan jadi Yonkou pertama yang dilawan Luffy. No offense. Haha.

Sedikit persiapan mental untuk menghadapi troll Oda, bangau mahkota merah memiliki bulu seputih salju namun bisa berubah menjadi merah saat agresif atau gembira.  Jadi mungkin saja poneglyph merah itu berisi berita gembira. Hahaha. 

Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar