Minggu, 09 Oktober 2016

Teknologi, Cracker & Tankman

Dunia One Piece memang sedikit berbeda, disini ‘kekuatan’ memiliki makna yang luas. Tidak berarti dengan memakan buah iblis logia maka seseorang akan menjadi kuat atau sebaliknya tidak memiliki kekuatan buah iblis akan menjadikan seseorang lemah. Bahkan jika seseorang  memiliki haoshoku haki / haki raja tidak semerta-merta menjadikannya orang kuat. Ada banyak gaya bertarung, tangan kosong maupun dengan senjata, haki, buah iblis dan kombinasi dari dua atau bahkan ketiganya. Selain itu strategi dan teknologi juga ikut berperan.

Karena itu aku tidak kaget mengetahui kalau Urouge berhasil mengalahkan salah satu dari 4 sweet commanders. Faktor kekuatan buah iblisnya yang unik dan mungkin ditambah dengan kelengahan dari sang commander adalah penyebabnya. Walau nama buah iblisnya masih belum diketahui, namun jurus Ingazarashi nya terbukti ampuh. Mungkin awalnya Urouge dihajar habis-habisan, namun setelah merasa sudah menang sang commander menjadi lengah dan dimanfaatkan Urouge untuk melakukan serangan balik dan langsung menghabisi sang commander.

TEKNOLOGI

Peran teknologi mulai menonjol saat di arc water seven. Dibuka dengan kemunculan cyborg Franky dan ditutup dengan pengenalan Dr Vegapunk, bapak teknologi di dunia One Piece. Setelah itu kekuatan teknologi yang lain pun bermunculan: Pacifista, Smile, senjata biologi dan yang terakhir tentu saja teknologi Germa 66. Awalnya aku mengira keberadaan Franky, Caesar Clown dan Germa 66 akan menjadi penyeimbang dari kekuatan teknologi di dunia One Piece. Tapi ternyata tidak. Vegapunk masih jauh di atas mereka semua. Franky menghabiskan 2 tahun timeskip di laboratorium Vegapunk, Smile Caesar juga hanya melanjutkan penelitian buah iblis Vegapunk dan para mutan Germa 66 ternyata juga hasil campur tangan Vegapunk.

Kenapa Oda selalu mengaitkan teknologi dengan Vegapunk? sosoknya memang masih misterius. Tapi dia bukanlah orang jahat. Di pulau kelahirannya Karakuri dia dikenal sebagai ilmuwan baik hati yang suka menolong penduduk dengan temuannya, dia juga menolak untuk menciptakan senjata pemusnah masal dan yang lebih aneh, dia mau memenuhi permintaan Kuma untuk menjaga kapal Sunny saat timeskip. Apa pria ini hanya manusia biasa yang kebetulan dilahirkan dengan otak yang luar biasa, yang disebut memiliki pengetahuan hingga 500 tahun kedepan. Tentu tidak. Oda pasti menyiapkan banyak kejutan dibalik sosok Vegapunk ini.

CRACKER

Biskuit akan menjadi lembek jika terkena air, semua orang tahu itu. Dan seperti yang sudah diprediksi banyak orang, cara inilah yang dipakai untuk mengalahkan Cracker. Strategi awalnya adalah hanya menghabiskan stamina Cracker saja. Luffy akan memakan semua pasukan biskuit yang dibuat Cracker sampai dia kehabisan tenaga dan tidak bisa membuat biskuit lagi. Walaupun Cracker mampu membuat pasukan biskuit dengan jumlah tidak terbatas namun stamina tetap ada batasnya kan? Seperti seorang penembak yang memiliki segudang peluru, tetap saja dia tidak akan bisa menembak terus menerus hingga seluruh pelurunya habis.

Di awal pertarungan Luffy mengatakan kalau Cracker (dalam bentuk armor) adalah pengguna busoshoku haki terkuat yang pernah dilawannya. Artinya Cracker melapisi pasukan biskuitnya dengan busoshoku haki hingga pukulan Lufy tidak mampu menghancurkannya. Namun setelah pasukannya menjadi lembek Luffy bisa menggigit dan memakannya dengan mudah. Apa artinya busoshoku haki tidak bisa digunakan di media yang tidak padat?

Pertama, menurutku Cracker hanya menggunakan busoshoku haki untuk memperkuat pedang dan tameng pasukan biskuitnya saja. Menggunakan haki juga menguras stamina bukan? Karena itu dia tidak bisa melapisi semua bagian dengan busoshoku haki. Kedua, Rain Spark Nami membuat konsistensi pasukan biskuit berubah. Konsistensi bisa berarti kepadatan jaringan yang menyusun bagian tubuh atau ketahanan suatu material terhadap perubahan bentuk. Sehingga Cracker yang harus melakukan 2 tugas sekaligus, mengerakkan pasukan biskuit dan mempertahankan busoshoku haki semakin kesulitan karena hal tersebut sehingga busoshoku hakinya melemah. Akhirnya Luffy bahkan mampu menggigit tameng dan pedang pasukan biskuitnya.

TANKMAN

Aku termasuk yang percaya kalau Luffy masih menyimpan ‘jurus pamungkas’ lain, Gear 5 atau bahkan Gear 6. Namun masih terlalu cepat mengeluarkan itu semua karena Gear 4 baru saja dimunculkan. Dan benar saja, Luffy masih memakai Gear 4 namun dengan versi yang lain. TANKMAN! 




Ada sedikit perbedaan dari versi sebelumnya, Boundman. Masih memakai muscle balloon di awalnya, perbedaannya adalah pemusatan kekuatannya. Jika pada Boundman terpusat di kaki dan tangan maka Tankman kekuatannya terpusat di tangan dan perut. Karena itulah dinamakan tank. Tentu maksudnya bukan tank kendaraan tempur tapi tangki atau tempat penyimpanan alias perut. Dan full version tentu saja berarti perut yang kekenyangan. The Power of Fullness! Mode Tankman sepertinya lebih defensif, lebih kuat namun lebih lambat sedangkan mode Boundman lebih cepat dan lebih ofensif.

Terimakasih telah membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar