Selasa, 24 Mei 2016

Germa 66: Nomor, Poison Pink, Teknologi & Cold War

Sora, Warrior of the sea. Sebuah komik strip di WE times yang mengisahkan tentang petualangan Sora, yang mampu berjalan di atas air, bersama robot dan burung camar peliharaannya melawan pasukan iblis Germa 66. Cerita yang menurut Vito dibuat agar anak-anak mengidolakan Marine. Agak aneh menurutku, kenapa tidak memakai bajak laut saja sebagai penjahat? Musuh yang jelas-jelas ‘nyata’. Efeknya tentu akan lebih berhasil jika tujuannya hanya untuk pencitraan Marine saja. Kenapa malah memilih Germa 66 sebagai penjahatnya? Ada dua jawaban yang masuk akal: Karena Germa 66 benar-benar jahat sampai seluruh dunia tidak boleh melupakan kejahatan mereka atau karena Germa 66 bukanlah ‘penjahat’ yang sebenarnya.

Nomor

Setelah melihat si nomor 1 dan nomor 2 keluarga Vinsmoke (entah generasi keberapa) di cerita Vito, kini kita bertemu dengan si nomor 0 Reige Vinsmoke dan nomor 4 Yonji Vinsmoke. Tunggu dulu, ada yang aneh dengan penomoran ini. Jika Sanji adalah anak ketiga dari keluarga Vinsmoke -kata San juga berarti 3- artinya dia punya dua kakak (tentu saja!) dan salah satunya adalah Reige.  Masih ada satu lagi yang belum muncul, tapi nomor yang masih kosong masih ada dua (nomor 1 dan nomor 2). Setelah kubaca ulang chapter 813, diundangan yang diberikan Capone tertulis: putra ketiga keluarga Vinsmoke. Artinya Reige tidak masuk kedalam hitungan dan masih ada 2 kakak laki-laki lagi dari keluarga Vinsmoke, si nomor 1 dan 2.

Lalu apa maksud dari penomoran tersebut dan kenapa Reige terkesan diabaikan -dia juga tidak memakai jubah hitam bernomor seperti yang lainnya. Nah kita mulai teori liarnya. Menurutku nomor disini adalah nomor dari divisi pasukan Germa 66 dan hanya diberikan kepada anak laki-laki yang nantinya akan menjadi pemimpin dari divisi tersebut (jumlah divisinya akan disesuaikan dengan jumlah anak laki-laki nantinya). Jadi entah siapa anak pertama keluarga Vinsmoke, apakah itu Reige atau dua kakak Sanji lainnya, anak laki-laki pertamalah yang menyandang nama Ichi (satu) dan anak laki-laki kedua yang memakai nama Ni (dua). Sedangkan Reige sendiri karena perempuan diberi nama Rei (Zero) karena tidak akan memimpin pasukan. Jadi pasukan Germa 66 yang bertemu dengan Luffy cs adalah pasukan divisi 4 di bawah pimpinan Yonji sedangkan Reige hanya penumpang saja. Itulah kenapa pasukan Germa 66 di kapal memanggil Reige hanya dengan sebutan miss, sedangkan Yonji dipanggil dengan sebutan master, bukan mister loh XD (sumber: mangainn). Sedikit Cocoklogi: Pasukan di kapal itu memakai helm dengan bentuk yang sama dengan rambut Yonji dan pasukan Germa yang ada di bayangan cerita Vito juga memakai helm dan model rambut yang sama dengan nomor 1 dan nomor 2. Hahaha. Agak maksa sepertinya, jangan dianggap serius XD.

Poison Pink

Reige Vinsmoke alias Poison Pink memiliki kemampuan menghisap racun. Beberapa teori mengatakan kalau itu hanya kemampuan alaminya saja, jadi dia dilatih dari kecil agar tahan terhadap segala jenis racun. Seperti tokoh Killua di HunterXHunter yang tahan terhadap sengatan listrik. Tapi itu belum menjelaskan kenapa dia bisa ‘menghisap’ racun dari tubuh Luffy. Bahkan efek samping dari racun berupa ruam di kulit Luffy juga ikut tersedot. Kita tentunya tahu kalau Magellan sang manusia racun saja selalu mencret-mencret karena makan racun.

Apakah itu kemampuan dari buah iblisnya? Apakah Zoan kupu-kupu beracun? Memang banyak kupu-kupu yang beracun tapi aku tidak tahu apa ada yang benar-benar menghisap racun. CMIIW. Namun sepertinya kemungkinan ini yang paling masuk akal. Ditambah lagi saat menyedot racun sayapnya terbuka dan gambar lingkarannya bertambah. Mungkin semakin mematikan racunnya, semakin banyak jumlah lingkarannya. Ya, sayap dipunggungnya sepertinya sayap asli, bukan jubah seperti milik Yonji.

Teknologi

Germa 66 adalah pasukan tempur dengan teknologi termutakhir, itulah alasan mengapa BigMom tertarik dengan mereka. Mungkin didasari oleh pengkhianatan Caesar dulu, dia mencari cara lain untuk terus memperkuat pasukannya. Teknologi yang paling menonjol di chapter ini adalah sepatu roda bola(?) yang memiliki kekuatan untuk membuat pemakainya seperti melayang di udara. Menurutku lebih mirip dengan gerakan Carrot sewaktu menghindari sabetan Zoro dibandingkan Geppou milik CP9. Gerakannya lebih halus sehingga terlihat seperti melayang, bukan berjalan di udara. Sepatu ini juga bisa memberikan tenaga dorong yang membuat penggunanya mampu melompat tinggi atau memperkuat tendangan seperti jet dial milik Gedatsu.

Saat melihat Yonji yang seperti berdiri diatas air aku teringat sosok Sora di komik strip WE Times. Tokoh komik di dalam komik ini hanya muncul sekilas tapi penjelasan tentang kemampuannya cukup detail, mampu berjalan di atas air! Bahkan komik di dalam komik ini juga menjadi judul chapter! Sepertinya ini bukan kebetulan belaka, Oda sensei tidak pernah melewatkan hal-hal kecil. Di awal aku berasumsi kalau komik strip di WE Times bertujuan untuk menutupi kesalahan WG (entah apa) dan menjadikan Germa 66 sebagai kambing hitamnya. Bagaimana kalau fakta yang diputarbalikkan itu bukan hanya siapa yang jahat tapi juga siapa yang lebih kuat. Kemampuan Germa berjalan di atas air dijadikan kemampuan Sora sang pahlawan, ditambah dengan robot yang melambangkan teknologi canggih lainnya dan diperkuat dengan burung camar yang merupakan lambang dari marine. Digambarkan pula Sora sedang menodongkan pistol ke arah sepasukan Germa 66, sebuah pistol dengan bentuk yang tidak biasa. Melihat kobaran api dibelakang pasukan Germa 66 aku langsung kepikiran sesuatu, kata-kata aneh yang diucapkan wanita mirip Lola ke Gotti: “Dia adalah putra dari keluarga Vinsmoke! Kalau kamu menggoresnya sedikit saja, mereka bisa membekukan boss dalam satu kedipan mata!” Bagaimana jika itu adalah sebuah pistol pembeku! Jika Vegapunk menanamkan laser Kizaru di Pacifista, Vinsmoke menanamkan Ice Age Aokiji (atau pengguna Hie Hie No Mi terdahulu) kedalam sebuah pistol. IMO yang semakin liar saja XD.

Yang tak kalah menarik adalah kapal siput milik Germa 66. Setelah melihat jenis lain dari siput denden mushi, yaitu siput laut yang dipakai untuk menandai wilayah BigMom. Sekarang muncul siput raksasa yang bahkan bisa dijadikan kapal. Kekuatan dari teknologikah? Entah apa kekuatan ‘mistis’ dari siput raksasa ini. Mungkin dia memiliki kekuatan dari semua siput di dunia XD. Atau layaknya seorang Hacker, siput ini mampu menyadap semua informasi dari siput-siput lain dengan jangkauan yang sangat luas. Sebuah kekuatan yang sangat dibutuhkan warmonger kan? Kekuatan informasi. Dan sepertinya headphone yang dipakai Germa 66 juga terkoneksi dengan siput raksasa ini. Kelebihan lain kapal siput ini tentu saja adalah mampu berjalan di darat, walau entah berapa kecepatannya. LOL.

Cold War

Sebenarnya apa hubungan keluarga Vinsmoke atau Germa 66 dengan World Goverment. Sekutu atau musuh? Mereka terbukti mampu mengubah harga dan syarat di poster buronan bahkan memerintah marine saat insiden Duval. Sesuatu yang sebenarnya pernah dilakukan, setidaknya mirip oleh Flamingo. Membekukan nilai buronannya dengan bergabung ke Shichibukai dan ‘menggunakan’ CP0 setelah membuat berita palsu keluarnya dia dari shichibukai. Bedanya adalah keluarga Vinsmoke tidak menggunakan ancaman, karena pemerintah sendirilah yang menginfokan keluarga Vinsmoke saat mereka berhasil mengambil foto akurat Sanji.

Tentunya kita tidak asing dengan istilah cold war kan? Cold war atau perang dingin yang melibatkan dua negara adidaya Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara ini tidak saling terlibat dalam konflik secara langsung, namun saling menyerang dengan saling unjuk kekuatan militer, teknologi, spionase dan penyebaran ideologi, pengaruh dan propaganda. Perang ini berakhir dengan gelombang revolusi damai yang menyebabkan runtuhnya Uni Soviet.

Aku merasa hubungan antara World Goverment dan Germa 66 seperti hubungan antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Perbedaannya mungkin kedua kelompok ini pernah terlibat konflik secara langsung hingga Germa 66 yang dulunya menguasai kawasan North blue mulai kehilangan daerah kekuasaanya. Dan akhirnya Germa 66 menjadi sebuah negara tanpa daerah kekuasaan, hanya sebuah kastil diatas seekor siput raksasa. Versi mini dari negara Zou. Walau kita tidak tahu ada berapa siput yang dimiliki germa 66. Mungkin saja siput-siput raksasa ini bisa bergabung hingga kastil di atasnya menjadi sebuah kastil raksasa, sebuah benteng utama Germa 66 pada masa kejayaannya. Ala-ala robot power ranger XD. Well, bisa saja mereka tinggal di sebuah pulau rahasia dan siput itu hanyalah sebuah kapal. Oke lanjut.. Karena dua kelompok yang bertempur memiliki kekuatan militer yang dahsyat, dampak dari peperangan ini tentunya sangat besar. Entah berapa kerugian dan korban yang jatuh. Untuk menjaga citra baiknya, World Goverment membuat seolah-olah Germa 66 lah yang bertanggungjawab penuh atas semua kehancuran yang terjadi, salah satunya lewat komik strip di World Economic Time. Tidakkah aneh menampilkan komik anak-anak di majalah ekonomi?

Dan layaknya Amerika Serikat dengan Rusia (sisa dari Uni Soviet) sekarang, mereka saling bersaing namun bukan berarti tidak bisa bekerjasama. Jika kerjasama itu bisa memberi keuntungan kenapa tidak? Vinsmoke tetap mempunyai status sebagai klan bangsawan, bahkan masih memiliki ‘hak istimewa’ dan World Goverment mungkin mendapatkan Teknologi dari Germa 66. Teknologi yang tidak mereka dapatkan dari Vegapunk. Maksudnya? Vegapunk adalah orang yang baik hati, setidaknya itulah yang dikatakan penduduk di kampung halamannya, pulau Karakuri. Dia juga mengabulkan permintaan Kuma untuk memprogramnya agar menjaga Thousand Sunny saat Luffy cs berlatih. Walaupun dia melakukan percobaan kepada tahanan saat di Punk Hazard, dia tetap tidak mau membuat senjata yang nantinya akan membahayakan penduduk sipil. Tapi Caesar berpendapat lain, Sengoku memang tidak akan setuju dengan senjata pemusnah masal tapi Akainu pasti menginginkannya. Jika World Goverment lebih memilih Akainu sebagai Fleet Admiral baru dibandingkan Aokiji yang direkomendasikan langsung oleh Sengoku, mudah saja menganggap kalau cara berfikir mereka sama dengan Akainu. Tidak masalah mengorbankan beberapa nyawa agar bisa menyelamatkan nyawa lebih banyak lagi.

Terimakasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar